Penyebab Sebuah Pertengkaran

penyebab sebuah pertengkaran
Assalamu'alaikum wr.wb .. ^_^ ehm, menulis judul saja rasanya hati ini sudah tak enak. Bagaimana dengan pembaca sendiri, merasakan makna yang terselip dari kata-kata BERTENGKAR. Tidak ada yang tidak mengetahui apa arti dari sebuah pertengkaran, arti simpelnya adalah menginginkan kemenangan denga cara kekerasan atau cara menyelesaikan masalah dengan kekerasan. bertengkar adalah problematika dalam hidup yang seharusnya ditiadakan agar hidup ini terasa damai penuh kasih dan cinta. Namun pertengkaran semakin hari semakin banyak terjadi.

Pertengkaran terjadi karena ada sesuatu, baik adanya ketidak inginan untuk mengalah ketika bertanding, atau karena fitnah, atau karena yang lainnya, sebanyak-banyaknya persoalan inti utama dari pertengkaran adalah dari hati yang dikuasai emosi tingkat tinggi.

Pertengkaran banyak sekali macamnya, dibawah ini ada beberapa contoh penyebab sebuah pertengkaran dan solusinya:

1. pertengkaran anak dan orang tua

Pertengkaran anak dan orang tua ini bisa dikategorikan masuk pada wilayah kekerasan dalam rumah tangga. Dimana kekerasan ini terjadi karena ada salah satu pihak yang emosinya keterlaluan, tak jarang orang tua kasar kepada anaknya dan juga tak jarang anak yang kasar kepada orang tuanya. Tidak akan bisa dihentikan jika anak dan orang tua sama-sama emosinya dan tak bisa mengendalikan emosinya. Entah karena apa dam mengapa, yang jelas pertengkaran dalam wilayah ini sangat dilarang.

Solusi agar tidak terjadi pertengkaran antara orang tua dan anak, hendaklah orang tua selalu memberikan tauladan yang baik kepada anaknya, mulai dari kecil agar sewaktu anak menjadi dewasa tidak terlanjur moralnya menjadi buruk. Hendaknya orang tua ketika menasihati anaknya dengan sikap lemah lembut dan penuh kasih sayang, tidak hanya pada orang tua, sebagai anak, tentu saja harus mengetahui kewajiban sebagai seorang anak. Sungguh tidak pantas sekali jika anak membantah orang tuanya dan bahkan tidak menurut kepada orang tuanya jika orang tuanya menasihati hal kebaikan. Diperlukan adanya salaing kasih mengasihi agar pertengkaran tidak terjadi.

2. Pertengkaran antara suami dan istri

Inipun juga masuk kedalam wilayah kekearasan dalam rumah tangga. Pemacu dpertengkaran ini kadang adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak, dan adanya saling prasangka yang sangat berlebihan. Pertengkaran dalam rumah tangga bisa dibilang cukup dahsyat sekali, dan harus ditinggalkan pertengkaran ini, karena apabila pertengkaran sampai memuncak pada batas akhir, maka yang terjadi akan ada sebuah perceraian, tentu saja ini hal yang tidak diinginkan. Istri marah kadang karena uang belanja tiap hari tidak diberi dengan cukup, dan begitupun juga suami marah kadang karena sang istri melakukan al yang dibenci suaminya. Pertengkaran semacam ini begitu mengkhawatirkan dan akan berpengaruh kepada anaknya (baik sudah punya anak maupun belum).

Solusi dari masalah ini, hendaklah mulai awal suami dan istri harus tetap ingat kemesraan yang sama-sama dibangunnya, selalu ingat tujuan bersama, dan tidak lebih mementingkan keegoisan dirinya masing-masing. Sejukkan pasangan dengan rayuan mesra dan juga dengan kata-kata lembut lainnya. Dan yang lebih penting lagi adalah saling memaafkan dan memberikan maaf, serta lebih baik saling mengakui kesalahan daripada mengakui kebenarannya masing-masing. Jadilah istri dan suami yang baik, dan tidak lupa bersama-sama ibadah, baik beribadah yang wajib ataupun yang sunnah, hal ini akan memberikan kekuatan batin dalam hubungannya, agar selalu direstui oleh Tuhan.

3. Pertengkaran antar pelajar

Pertengkaran yang satu ini sungguh sangat merugikan sekali dan harus diwaspadai kehadirannya. Sekarang banyak sekali yang dinamakan dengan tawuran antar pelajar, tawuran ini adalah pertengkaran antar pelajar. Biasanya pertengkaran yang terjadi diwilayah pendidikan adalah dikarenakan motif dendam entah karena pernah diolokkan atau dihina dan lain-lain. Pertengkaran ini tidak hanya merugikan sang pelajar sendiri, melainkan memberi kesan negatif pada sekolah atau perguruannya, tidak hanya itu, dunia pendidikan pun juga akan tercoreng, dan ada yang lain juga, yaitu meresahkan masyarakat sekitar.

Solusi dari kejadian ini adalah hendaknya setiap institusi pendidikan lebih memberikan dan meningkatkan kembali pelajaran-pelajaran agama dan moral. Kecenderungan dari pertengkaran antar pelajar ini adalah sedikitnya pemahaman tentang ilmu agama, ilmu agama adalah sangat penting sebagai landasan menjadikan pendidikan berkarakter, begitu juga sang guru, mempunyai tanggung jawab tinggi, sehingga sudah sepatutnya sang guru memperhatikan murid-muridnya dengan cara lebih meningkatkan ilmu-ilmu agama, sosial dan kewarganegaraan. Tidak penting sama sekali otak pintar, tetapi tidak bermoral, betul kan? :)

4. Pertengkaran antar suku

Nah? ini juga sangat membahayakan sekali, pertengkaran ini lebih menonjol dikarenakan adanya saling perbedaan. Entah apa, yang pastinya perbedaan akan memacu sebuah pertengkaran. Pertengkaran yang satu ini bisa mengakibatkan adanya korban jiwa, dan harus segera dihentikan.

Tidak ada solusi yang penting selain dari menghormati perbedaan. Jika tidak saling menghormati, adanya malah saling mencaci dan akan timbul lagi perpecahan. Hendaklah harus saling sadar dan saling menghormati antar suku.

5. Pertengkaran antar agama

Sudah sangat sering sekali pertengkaran antar agama ini, mungkin karena terlalu sok agamis, sehingga membela agamanya masing-masing terlalu berlebihan dan melupakan ajaran dari agamanya masing-masing. Pertengkaran antar agama biasanya juga karena adanya perbedaan, ya jelaslah pasti ada perbedaan, dan jangan memaksakan perbedaan itu untuk segera dapat disatukan. Apalagi perbedaan itu sudah menyangkut keyakinan, sudah sangat sulit sekali untuk disamakan.

Hal yang paling aneh lagi dalam pertengkaran ini adalah pertengkaran sesama agama. Padahal agama sudah memberikan nasihat untuk tidak saling bermusuhan, menghormati dan bersikap saling kasih. Namun mengapa penganutnya lebih banyak tidak memperhatikan nasihat dari agamanya sendiri, mengapa harus dilupakan, dan mengapa yang didahulukan adalah emosinya. Bukan dikatakan beragama orang yang tidak mengikuti perintah agamanya, salah satunya adalah saling menghormati dan saling menyayangi.

Nah? itulah sedikit tentang Penyebab sebuah pertengkaran. Semoga tidak ada lagi yang namanya kekerasan, karena bagaimanapun, kekerasan adalah tindakan yang tidak baik. Mohon maaf dan ...

Salam Cinta
Salam Dycko Novanda

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer