Ciri-ciri Pribadi Yang Baik

ciri-ciri pribadi yang baik
Setiap orang yang baik terlihat dari pribadinya yang baik, bukan dari ibu bapaknya yang baik. Walaupun orang tua juga berperan penting untuk mewujudkan pribadi seseorang tepatnya adalah anaknya. Orang tua hanya sebatas mengajari anaknya yang masih kecil dengan sesuatu yang baik, saran yang baik dan contoh perilaku yang baik. Namun seiring waktu berjalan, sering terjadi adanya putusnya tali nasihat yang telah diajarkan oleh orang tuanya sewaktu kecil, hal ini terjadi karena faktor lingkungan yang salah.

Sebenarnya pribadi yang baik memang sudah ditanam sejak kecil, karena ada pertumbuhan dalam hal berpikir dan mampu menentukan jalannya sendiri, biasanya seseorang lebih memilih yang ia senangi tanpa memikirkan apa yang disenangi itu tidak baik atau tidak bermanfaat.

Nah, tentu saja orang yang baik adalah mempunyai pribadi yang baik, dan pribadi yang baik mempunyai ciri-ciri kepribadian yang baik.

Ciri-ciri pribadi yang baik adalah:

1. Dari Diri Sendiri

Diri sendiri mempunyai peranan yang penting untuk menentukan kebaikan. Saran yang baik atau nasihat yang baik pada diri kita itu percuma saja jika diri kita sendiri enggan melaksanakan nasihat-nasihat yang baik itu.

Yang menghalangi diri dari perbuatan baik adalah kecenderungan jasad kita pada duniawi, misalkan dinasihati untuk selalu bersedekah, terasa berat dan menganggap itu merugikan. Padahal, semua kbaikan akan menyenangkan jika kita mampu menembus kecenderungan itu.

2. Dari hal kecil

Tidak mungkin ada seseorang yang berjiwa besar sebelum ia memulai kebaikan-kebaikan yang kecil. Tidak mungkin ada pemimpin yang besar jika sebelumnya menjadi pemimpin kecil. Jadi, jika kita ingin mempunyai pribadi yang baik, maka lakukan hal-hal yang baik mulai dari yang terkecil dan mulai dari saat kita kecil. Kalaupun saat ini sudah tidka kecil lagi, bisa dilakukan dngan mengajarkan pada anak-anak, adik-adik yang masih kecil untuk berbuat kebaikan. :)

3. Dari Kecepatan Bertindak

Ciri-ciri yang terakhir adalah terlihat dari kecepatan dalam bertindak, yaitu bertindak dalam melakukan kebaikan. Yang terpenting bukan melakukan kebaikan yang kecil ataupun yang besar, melainkan melakukannya dengan ikhlas dan diserati rasa syukur.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan tentang ciri-ciri pribadi yang baik. Semoga bermanfaat dan dycko novanda mengucapkan mohon maaf lahir batin kepada semua pembaca sekalian ^_^

Salam Cinta
Salam Dycko Novanda

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer