(GoVlog) Education In World AIDS Day


Sudah dekat waktunya, beramai-ramai masyarakat dunia, mulai dari anak-anak, remaja sampai kakek-nenek, bertepatan pada tanggal 1 Desember tahun ini untuk memperingati Hari AIDS Sedunia sebagai simbol dan bukti cinta kita kepada ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) dan sebagai semangat kita untuk terus berjuang memberantas wabah penyakit mematikan ini, mencegah datangnya kembali, dan membangun hidup lebih sehat lagi. Karena dengan cinta, HIV dapat diprangi.

Peringatan Hari AIDS Sedunia bukan hanya sekedar sebuah peringatan, melainkan hari besar ini sebagai suatu wadah untuk lebih memajukan lagi dalam hal penanggulangan HIV/AIDS yang terus menerus meneror pergaulan kita sehari-hari. Oleh sebab itu, bisa disebut juga sebagai "Education In World AIDS Day".

Hari AIDS Sedunia ini merupakan sebuah simbol cinta, simbol yang harus direalisasikan dan simbol yang harus dilaksanakan. Sebagai bukti dalam penerapan simbol cinta Dihari AIDS Sedunia ini, ada beberapa hal yang benar-benar harus kita perjuangkan, yaitu:

1. Reduce sexual transmission

Reduce sexual transmission adalah mengurangi penularan seksual, bagaimana caranya:
a. Menjalin hubungan monogami dengan yang tidak terinfeksi
b. Menggunakan kondom atau pengaman saat melakukan seks
c. Sex-non penetratif
d. Tidak melakukan seks bebas atau free seks dan berganti-ganti pasangan (setia)

2. Preventing HIV among drug users

Preventing HIV among drug users adalah mencegah HIV diantara pengguna narkoba. Bagi pecandu narkoba, sangat sulit sekali diajak untuk menghindari atau menjauhi narkoba, tetapi kita dapat memberikan suatu solusi kepada pecandu agar tidak terjangkit HIV serta dalam mengupayakan kesehatan pribadi dan masyarakat, yaitu:
a. Jangan menggunakan dengan suntikan
b. Jika menggunakan suntikan, pastikan jarum suntik steril
c. Yang paling penting adalah You should try to leave the drug

3. Eliminating new HIV infection among children

Eliminating new HIV infection among children adalah Menghilangkan HIV baru dikalangan anak-anak, ada dua cara untuk menghilangkan HIV baru pada anak-anak:
a. Pencegahan
Pencegahan adalah cara penting menghindari penularan HIV, HIV yang terjadi pada anak-anak ditularkan melalui ibunya, sebagai pencegahan ada beberapa langkah yang harus dilakukan bagi ibu yang terjangkit HIV:
- Pengobatan
- Operasi caesar
- Menghindari pemberian ASI kepada bayi

b. Pemberian makanan dan minuman yang sehat bagi bayi
Badan Kesehatan Dunia, WHO atau World Health Organization, membuat rekomendasi berikut:

Ketika makanan pengganti dapat diterima, layak, harganya terjangkau, berkesinambungan, dan aman, sangat dianjurkan bagi ibu yang terinfeksi HIV-positif untuk tidak menyusui bayinya. Bila sebaliknya, maka pemberian ASI eksklusif direkomendasikan pada bulan pertama kehidupan bayi dan hendaknya diputus sesegera mungkin.


4. Avoiding TB deaths

Avoiding TB deaths adalah menghindari kematian penderita tuberkolosis, adapun caranya adalah:
a. Tes HIV dan TB harus disediakan setiap tiga tahun di tempat-tempat di mana kedua penyakit yang lazim.
b. Prompt pengobatan TB harus diberikan kepada setiap orang yang hidup dengan HIV dengan TB aktif atau pengobatan lain untuk mencegah TB.
c. HIV dan pengobatan TB harus dapat diakses dan berkualitas baik sehingga orang yang hidup dengan HIV sembuh dari TB.
d. Terapi antiretroviral (ART) harus dimulai sejak dini, yang akan membantu mencegah TB, karena orang yang hidup dengan HIV jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi sakit dengan TB dan mati jika mereka mulai ART sebelum sistem kekebalan tubuh mereka mulai menurun serius.
e. Orang yang HIV-positif dan didiagnosis dengan TB aktif harus mulai ART terlepas dari status sistem kekebalan tubuh mereka.

5. Three Deletion

Three Deletion merupakan penghapusan atau penghilangan 3 hal, yaitu:
a. Menghilangkan ketidaksetaraan gender
b. Menghapus stigma dan diskriminatif negatif
c. Menghapus Non-Integrasi HIV

Demikianlah 5 simbol cinta yang harus kita upayakan pada peringatan hari AIDS sedunia 1 Desember 2011 besok, dengan komitmen dan integritas tinggi mari kita wujudkan bersama-sama tanggal 1 Desember bukan lagi sebagai hari AIDS Sedunia melainkan berubah menjadi "Hari Kebebasan Dunia Dari AIDS."

SEMANGAT!!!

LUMAJANG - JAWA TIMUR







Artikel lainnya:

> Cinta palsu cinta monyet
> Cemburu
> Tentang kesetiaan

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer