Pentingnya Silaturahmi

Pentingnya Silaturahmi
Pentingnya Silaturahmi - Assalamu'alaikum sobat dycko novanda yang selalu penulis rindukan. Alhamdulillah pada kesempatan ini, penulis diijinkan kembali menuliskan sebuah artikel tentang pentingnya silaturahmi. Silaturahmi juga bisa disebut silaturahim yang arti dan maknanya sama, sila artinya menyambung dan rahmi atau rahim artinya sayang.

Ada rahasia dibalik silaturahmi ini, kita dianjurkan sekali untuk bersilaturahmi, yang maknanya adalah menjenguk, menghampiri, menemui dengan tujuan agar sayangnya menjadi nyambung kembali. Mungkin saja kita lama sekali tidak bertemu dengan orang tua, saudara, sahabat ataupun musuh kita, agar hubungan tetap hangat, perlu adanya siaturahmi walaupun orang yang akan kita temui sudah tiada.

Mengapa silaturahmi begitu sangat dianjurkan dan begitu penting? Coba kita pahami, rahmi atau rahim adalah salah satu sifat baik Tuhan, dan semua kebaikan adalah dari Tuhan. Jadi, jika kita ingin diberikan kebaikan yang banyak oleh Tuhan, harus menjaga kebiasaan untuk bersilaturahmi, baik kepada orang yang kita cintai ataupun orang yang memusuhi kita.

Pentingnya silaturahmi antara lain:

- Menjaga hubungan dengan Tuhan

Orang yang menjenguk dan bersilaturahmi dengan sesamanya akan menyebabkan kedekatan Tuhan dengan seorang tersebut. Tuhan hadir ditengah-tengah orang yang bersilaturahmi, dan Tuhan akan memberikan rasa bahagia didalam hatinya.

- Menyatukan Jiwa

Sebenarnya kita semua dulunya adalah satu kesatuan, maksudnya satu dalam kasih sayang Tuhan, sehingga yang menyebabkan adanya perpecahan karena adanya ketiadaan keselarasan dalam kepahaman. Makanya ada perintah untuk mencintai sesama seperti kita mencintai diri kita sendiri.

- Mempererat persatuan

Silaturahmi itu penting untuk mempererat persatuan, dan persatuan itu penting untuk sebuah kekuatan. Kita menjadi lebih kuat jika bersatu, dan kebersatuan itulah yang harus kita capai dengan silaturahmi.

- Memperlancar Rejeki

Sangat benar jika silaturahmi itu memperlancar rejeki, orang yang terhambat rejekinya, pasti akan lancar jika ia mau bersilaturahmi. Rejeki itu bukan sekedar materi, melainkan kebahagiaan dan kedamaian hati juga termasuk rejeki.

- Menciptakan kehidupan yang damai

Siapa yang tidak ingin hidup dalam kedamaian, siapa yang ingin hidup didalam suasana yang penuh dengan kekerasan. Orang yang bersilaturahmi sudah jelas sekali bahwa orang itu menginginkan kedamaian. Dan yang paling penting, dua orang yang saling bertemu atau bersilaturahmi, mereka menciptakan satu kedamaian untuk dunia. Jika jutaan orang indonesia masing-masing bersilaturahmi dengan saudara dan orang yang memusuhinya, sudah pasti Indonesia akan damai dan sejahterah.

Oleh sebab itu, hidup dunia modern ini sangat jarang sekali orang yang mau bersiltaurahmi, mungkin karena sudah ada facebook, twitter dan sebagainya. Walaupun sudah serba canggih, tetap kecanggihan silaturahmi harus benar-benar bertemu, berjabat tangan dan berpelukan. Indah rasanya jika bangsa ini dipenuhi orang-orang yang lebih hobi bersilaturahmi daripada menggunjing dan menghina sesamanya. Biar umur menjadi lebih berkah lagi. :)

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan mengenai Pentingnya Silaturahmi, semoga memberikan secercah rasa bahagia dengan membacanya, jadikan bumi Indonesia ini menjadi bumi yang damai seperti surga. Mohon maaf jika ada tutur kata yang salah, semoga penulis dan pembaca, bisa bertemu di kesempatan lainnya. :)

Artikel Menarik Lainnya:

- Rahasia Kemiripan Wajah Pasangan
- Penyebab Depresi Cinta
- Arti dan Makna Terimakasih
- Etika Mengatakan Cinta

Salam Cinta
Salam Dycko Novanda

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer