(GoVlog) Percayakah, Jika Cinta Mampu Memerangi HIV/AIDS

Siapakah yang tidak mengenal AIDS, AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan suatu akibat atau gejala infeksi dari sebuah virus yang dikenal namanya yaitu HIV (Human Immunodeficiency Virus). HIV adalah penyebab dari timbulnya AIDS, virus ini kebanyakan berada pada cairan, seperti cairan sperma, cairan vagina, darah, air susu, air liur dll. Virus HIV tersebut bagaikan "Teroris Tersembunyi", yang tidak diketahui dan tidak pula terdeteksi kedatangannya.

Karena virus HIV adalah teroris yang tersembunyi, kita patut waspada dan siaga untuk memeranginya. Penyebaran virus ini melalui kontak langsung, seperti berhubungan intim, berciuman, tranfusi darah dll. Agar kita semua terhindar dari virus kejam ini, ada cara pencegahan yang sangat dahsyat sekali. Yaitu dengan cinta, karena cinta dapat mencegah virus HIV, benarkah? ...

Cinta yang seperti apakah yang ampuh untuk mencegah datangnya virus HIV?. Selain ada 3 Obat Penyembuh AIDS, Ada juga 3 Cinta yang ampuh untuk mencegah datangnya virus HIV.

a. Cintai Diri Sendiri

Yaa.. Benar sekali!!! Cinta yang pertama yang dapat mencegah virus HIV adalah cintai diri sendiri. Bagaimana bisa? ... Mencintai diri sendiri untuk mencegah datangnya virus HIV kedalam diri kita dapat berupa:

> Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat
> Periksalah diri anda ke dokter terdekat setiap bulan sekali
> Hindari sex bebas dan gonta-ganti pasangan
> Stop narkoba, stop miras dll
> (untuk suami-istri) don't forget healthy sex
> Bersihkan tubuh anda setiap hari
> Jangan bergaul didunia gemerlap, kecuali untuk sholat malam :)
> Dll.

Itulah sedikit realita cinta kepada diri sendiri, siapa yang tidak mencintai dirinya sendiri, sama halnya dengan mempersilahkan penyakit memasuki tubuh kita. Sekali lagi saya tegaskan, Cintai Diri Sendiri!!!.

b. Cintai Orang Tercinta Anda

Mencintai Orang tercinta anda, adalah cara lain untuk dapat mencegah penyebaran virus HIV, lalu bagaimana menerapkan cinta kepada orang tercinta. Dibawah ini ada beberapa contoh realita cinta kepada orang tercinta anda:

> (Untuk kekasih anda) Setialah, jangan menduakan dan berselingkuh dengan yang lain
> (Untuk kekasih anda) Nasihati kekasih anda pentingnya "Mencintai Diri Sendiri"
> (Untuk Adik yang cukup umur) ajari tentang "AIDS Education"
> (Untuk kakak) Minta bantuan ayah dan ibu untuk menasihatinya tentang "Mencintai Diri Sendiri"
> (Untuk Sahabat dan Teman) Ajaklah "Healthy Game" , bermain dengan cara sehat
> Dll

Dengan sedikit contoh diatas, kita semua akan mampu mencegah teroris tersembunyi yang kapanpun akan menyerang kita. Ayo ... Cegah dan Perangi ....

c. Cintai Orang Lain

Tahap cinta terakhir adalah mencintai orang lain, mencintai orang lain disini ada 2 hal:

1. Cintai Non Penderita
Cintai orang-orang yang belum terjangkit virus ini, khususnya kepada para remaja dengan melakukan:

> "sex education" sejak dini, dengan itu mereka yang remaja akan mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk. Sex education harus benar-benar ditingkatkan karena semakin maraknya remaja-remaja yang yang tidak berhati-hati dengan lingkungannya.
> "control of emotions", pelajaran tentang kontrol emosi juga sangat penting untuk remaja, dikarenakan masa-masa remaja dalah masa-masa yang labil.
> "spiritual quotient", pendidikan spiritual atau pendidikan agama juga sangat penting untuk dapat menghentikan perilaku over remaja.

Kesimpulannya adalah problem utama remaja adalah pada diri mereka sendiri. Oleh karena itu butuh bimbingan untuk dapat mengontrol perilakunya.

2. Cintai Penderita atau ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)

Bagi para penderita, kita juga wajib mencintainya ... mereka adalah korban dari kekejaman teroris tersembunyi, oleh karena itu hanya dengan cinta dapat menyelamatkan jati diri mereka kembali. Adapun realita cinta untuk mereka adalah dengan cara:

> Bersahabatlah dengan mereka, jangan dijauhi. Katakan kepada mereka, "Engkau tak sendiri kawan... Ada kami" :)
> Berikanlah semangat kepada mereka. "Kawan, Engkau pasti mampu, engkau adalah ksatria, bangkitlah kawan, lawanlah ..."
> Bantulah mereka semampumu. "Kawan, genggam tanganku, aku bantu engkau berdiri, melaju kencang menuju kesuksesan... ayo kawan!!"
> Selalu berikan senyum kepada mereka. "Kawan, Engkau adalah saudaraku...:)"

Dengan demikian, selesai sudah pembahasannya, sudah percayakah jika cinta dapat mencegah datangnya teroris tersembunyi. :) Salam Sehat kawanku semua, Semangatlah, semangati diri anda kemudian semangati orang lain. :)


Lumajang - Jawa Timur






Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer