Rahasia Di Balik Bunuh Diri

rahasia di balik bunuh diri
Kita tak menyangka, betapa besar nikmat-Nya yang diberikan pada hari ini, udara segar masih tetap kita rasakan, pemandangan yang indah masih dapat kita pandang, melihat orang terkasih kita adalah salah satu kenikmatan yang besar. Sangat rugi sekali bila kita tak ada rasa syukur atas semua nikmat. :)

Bagaimakah kabar anda hari ini, semoga tetap diberikan kesehatan dan diberikan kekuatan dan semangat tinggi. amiinn. Hidup adalah sebuah perjalanan yang harus diperjuangkan, kita dihidupkan dan diberi hidup tentu saja ada maksud dari Tuhan, yaitu diberikan sebuah amanah untuk menjadi pengatur dunia ini.

Seharusnya kita sangat bersyukur, kita hidup karena Tuhan percaya sama kita, dan memang seharusnya kita pun harus percaya kepada Tuhan. Hidup tidak akan terlepas dari rasa yang berbeda-beda, kita hidup didunia, bukan dineraka atau pun disurga. Didunia tentu saja ada dua unsur yang bertolak belakang yang selalu menghiasi dunia ini. Ada rasa suka, dan tentu ada rasa duka ... ada gembira dan tentu saja ada rasa susah ... ada problematika juga tentu ada solusinya. Semua itu akan datang silih berganti setiap waktu, dan semua itu ditujukan seberapa besar ketangguhan kita menghadapinya dan selalu tetap percaya kepada Tuhan.

Ada suatu masalah yang sangat penting sekali, yang dinamakan "Bunuh Diri." Sangat miris dan menyedihkan ketika menyaksikkan baik diberita, dikoran atauoun secara langsung ada seseorang yang mengakhiri hidupnya begitu saja. Dikesempatan hari ini, penulis akan menyampaikan "Rahasia Di Balik Bunuh Diri" dan tentu saja, penulis ingin sekali memberikan sebuah solusi agar bunuh diri tidak terjadi lagi. Mengingatkan itu sebenarnya itu mudah, namun penulis tidak mengingatkan, melainkan berbagi cara ketika penulis dihadapkan pada situasi dan kondisi sulit. Jika anda ingin tau kehidupan penulis, ada cerita nya diblog ini yaitu tentang "Menyatukan Perbedaan." Simak saja bagi yang ingin tau. :) Oke, dilanjut yuk, apa saja rahasianya. :)

A. Arti Bunuh Diri

Bunuh Diri berarti membunuh dirinya sendiri dengan alat apapun, baik dengan benda tajam atau pun dengan meminum dan memakan sesuatu yang beracun. Bunuh diri adalah menyakiti dirinya sendiri, hingga benar-benar akhir hidupnya.

B. Penyebab bunuh diri

Bunuh diri tidak begitu saja muncul, melainkan ada sebab-sebab tertentu, misalkan:

- Karena kemiskinan

Kemiskinan salah satu penyebab sesorang ingin mengakhiri hidupnya, kehidupan seakan tiada yang istimewa dan setiap harinya hanya menyaksikkan nasib dirinya. Kemiskinan sebenarnya disebabkan satu hal, yaitu kurangnya pendidikan.

Jika pendidikan menjadi masalah, dimanapun anda berada, cobalah beranikan diri anda untuk mendidik anak-anak yang tertinggal secara gratis, jika pun tidak bisa, bantulah orang-orang yang berkorban untuk mendidik didaerah-daerah tertinggal.

Rumusnya adalah --> Tidak adanya pendidikan --> Terjadi Kemiskinan --> Terjadi ketidak berdayaan --> Dan akhirnya bisa mengakhiri hidupnya.

- Karena Penyakit

Penyakit adalah urusan yang tak mengenakkan, mau aktifitas tidak bisa, mau jalan-jalan tidak bisa, mau liburan apalagi. Disini lah betapa pentingnya kesehatan, apabila kesehatan tak dijaga, tentu saja sakit akan melanda.

Penyakit yang membuat orang ingin mengakhiri hidupnya adalah penyakit yang panjang, dan tidak mengalami sedikitpun kesembuhan.

- Karena Stres

Stres adalah gangguan kejiwaan, hidup seakan-akan hanya masalah saja yang menghampirinya, tidak ada sedikitpun titik terang bahagia yang akan dilihatnya. Stres adalah akibat dari ketidak adanya percaya diri lagi terhadap dirinya sendiri untuk menyelesaikan sebuah masalah.

- Karena Tekanan

Tekanan hidup sering kali ditujukan pada orang yang kurang sempurna, padahal tidak ada manusia yang sempurna. Tekanan biasanya dalam bentuk pelecehan, hinaan, olokan dan ancaman serta pemerkosaan. Orang-orang yang mendapat tekanan hebat itu akan tak kuasa menahannya dan akan melakukan bunuh diri.

Dari keempat hal tersebut, bisa dijadikan sebuah contoh penyebab mengapa harus melakukan bunuh diri.

C. Pokok Masalah Sebenarnya

Penyebab apapun yang dapat membuat seorang akan melakukan bunuh diri sebenarnya cuma satu permasalahannya, yaitu hati. Ingat, masalah, cobaan, dan ujian akan terus berdatangan menghampiri kita, tanpa membedakan siapapun orang itu.

Bunuh diri intinya adalah karena ketidak siapan hati menerima apa yang akan terjadi. Ketidak siapan ini karena beberapa faktor:

- Tidak Yakin

Tidak ada orang yang hatinya kuat kecuali orang itu selalu dan yakin serta percaya kepada Tuhan. Orang yang memasrahkan hatinya kepada Tuhan, pasti hatinya akan dibantu oleh-Nya. Keseringan tidak bersyukur atas nikmat-nikmat Tuhan juga menjadikan hati semakin sempit dan tidak ada cahaya serta kekuatan yang ada didalamnya.

Orang yang yang tidak pernah sama sekali berterimakasih kepada Tuhan, setiap ada cobaan yang melanda, akan sakit sekali, putus asa, dan yang pasti akan mengakhiri hidupnya. Oleh karena itu, mulai detik ini sebelum ada cobaan yang datang melanda diri kita, siapkan hati dengan tetap yakin dan percaya kepada Tuhan. :)

- Tidak percaya diri

Percaya diri atau percaya kepada dirinya sendiri bahwa ia akan mampu menyelesaikan sebuah masalah adalah hasil dari kepercayaan dan keyakinan kita kepada Tuhan. Orang yang percaya diri bahwa dirinya mampu, berarti ia percaya bahwa Tuhan akan membantunya. Kurangnya percaya diri adalah sama dengan ketidak percayaan bahwa Tuhan tidak mampu menolong.

- Putus asa

Putus asa adalah akibat dari usaha yang dilakukan berkali-kali namun tetap saja tiada hasilnya. Awalnya ia percaya, dan sangat yakin kepada Tuhan dan dirinya, namun karena hasilnya tak nampak sedikitpun dari usaha dan do'anya ia pun akan putus asa.

- Tak Semangat

Tak semangat adalah saudara dari putus asa, bedanya adalah semangat itu penggeraknya dan asa adalah dasarnya. Asa yang kuat, jika tak ada semangat ya sudah tidak akan jalan maksimal, bila semangatnya yang kuat tetapi mudah putus asa, sama saja hasilnya tidak akan ada. Oleh karena itu, asa dan semangat harus sama-sama melekat. :)

D. Solusinya

Karena sudah sangat jelas sekali, bunuh diri berasal dari hati yang lemah dan yang tak kuat, maka dapat disimpulkan sebuah solusi yang tepat dan cepat. Karena bunuh diri adalah akibat dari hati, pastinya siapapun akan ingin bunuh diri jika hainya sudah tak kuasa. Inilah solusi terakhir yang sangat tepat dan cepat agar selalu dapat menjalani hidup dengan baik:

- Iman adalah nomor satu, percaya dan yakinlah kepada Tuhan. Ingatlah janji-Nya, bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Jika anda mengalami kesulitan, jangan tunda-tunda untuk menghadap-Nya dan meminta pertolongan-Nya, dan apabila sudah ditolong, bersyukurlah minimal dengan selalu ingat kepada-Nya

- Ketika yakin sama Tuhan,jelas sudah, akan yakin pada dirinya sendiri. Hadapi semua masalah dan problematika, hadapi dengan berani, jangan takut, jangan gentar, mantapkan hati, hadapi, karena tidak semua orang tau, dibalik ujian ada sebuah hadiah istimewa dari Tuhan. Mau tau hadiahnya, makanya lawan masalah dengan gagah. :)

- Apabila anda putus asa, ketika sudah melakukan segenap kekuatan, sudah yakin, sudah berani, tetapi hasilnya tidak ada. Ooopss, tunggu sebentar, jangan dikira hasilnya tidak ada, tidak ada satu pun usaha yang sia-sia, semua akan dapat balasannya. Jangan khawatir, lakukan usaha dan kerja dengan tulus dengan senang dengan bahagia, dan ingat semakin anda sabar dalam berusaha dan bekerja, semakin besar hasilnya, dan hasil itu akan gugur jika anda berputus asa. :)

- Apabila anda kurang bersemangat, ingat kepada orang terkasih anda, orang tua anda, ibu bapak anda, anak anda, istri atau suami anda, dan orang tercinta anda. Dengan mengingat orang-orang terkasih, anda akan otomatis semangat. Tidak mungkin penulis mau nulis sebanyak ini jika tanpa mengingat orang tua, kekasih dan tentunya pembaca semua. :)

- Dan jika anda (maaf) tidak memiliki apapun dan siappun, ingatlah anda selalu memiliki Tuhan. Jadilah pribadi yang bahagia, apapun masalahnya, ujiannya, baik kaya atau tidak kaya, jika hati selalu memiliki Tuhan, tentu rasanya akan berbeda, ingatlah pesan nabi saw yang pernah bersabda: "Kekayaanku adalah Tuhan." :)

Demikianlah saudaraku semuanya tentang Rahasia Di Balik Bunuh Diri, bunuh diri bukan merupakan sebuah solusi melainkan sebuah ilusi. Jangan tertipu dengan halusinasi hidup, semua masalah bagi hati yang yakin hanyalah sebuah ilusi, ujian hanyalah halusinasi. Tetap ingat tujuan hidup kita, kita dihidupkan oleh Tuhan, dan seharusnya mempersembahkan hidup untuk Tuhan. :)

SEMANGAT DAN ..

Salam Cinta,
Salam Dycko NOvanda,

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer