Arti Rasa Sayang Sayange

arti rasa sayang sayange
Assalamu'alaikum pembaca sekalian, bagaimana hari ini, masih tetap bersyukur kan ..? :) Semoga tetap diberi kesehatan dan rezeki di lancarkan. Amiin.

Pembaca sekalian, penulis pada kesempatan kali ini, terinspirasi dari sebiah lagu daerah di Indonesia, tepatnya daerah maluku, yang judulnya "Rasa Sayang Sayange." Karena blog ini memuat tentang cinta dan kasih sayang, lagu daerah tersebut sangat pas sekali jika penulis bahas pada kesempatan kali ini.

Mendengarkan lagu ini sungguh bisa membuat diri menjadi menari-nari, dan tak bisa lidah ini menahan untuk diam dan ikut menyanyi, lagu kebangsaan daerah dari wilayah Indonesia Timur ini sempat menuai ancaman dari negara tetangga, yaitu pengklaiman, kalau lagu rasa sayang sayange ini menurut tetangga sana adalah lagu nya sendiri. Entah karena faktor apa, penulis tidak tau, yang jelas, lagu-lagu karya anak bangsa Indonesia, atau pun lagu-lagu daerah, sangat terkenal sekali dibandingkan lagu negara tetangga.

Disinilah masyarakat Indonesia diuji, sebesar apakah rasa sayange kepada lagu-lagu kebangsaan daerah, khususnya lagu-lagu yang diklaim oleh negara tetangga. Sebagai rasa sayange, tentunya kita semua harus terus meningkatkan budaya-budaya daerah, jangan dilupakan, dan terus dijaga dengan cara membudayakan lagu-lagu tersebut, agar tidak mudah dicuri oleh negara lain.

Lagu rasa sayang sayange ini merupakan lagu yang tergolong dalam bentuk nasihat. Terlihat dari lirik-liriknya yang bersajak aa-bb-cc, mengandung sebuah arti penting dalam hidup ini. Penulis ingin sekali membahas Arti Rasa Sayang Sayange.

Apa sajakah arti rasa sayang sayange dalam lagu tersebut? ...

arti sederhana menurut penulis, rasa sayang sayange sama halnya dengan rasa sayang, sayangnya. Yaitu merasakan rasa sayang yang terdapat pada sayangnya, kata "nya" menunjukkan kata pengganti yang berarti bisa juga orang atau yang lainnya. Baiklah untuk lebih detailnya, perhatikan lirik demi lirik dibawah ini.

Lirik pertama --> Rasa sayange rasa sayang sayange

Menurut penulis, lirik pertama mengartikan beberapa arti yang sama maknanya dan berbeda tulisannya. artiya tiada lain sebagai berikut:

- Rasa sayangnya, coba rasakan
- Coba rasakan, kasih sayangnya
- Rasa sayangnya amat mendalam
- Rasa sayangnya, terasa sangat sayang
- Dll

Dari kesimpulan perbedaan diatas mempunyai persamaan yaitu, rasakan kasih sayangnya, nanti kamu akan tau sebesar apa kasih sayangnya. Kurang lebih demikian. :)

Lirik Kedua --> Eee .. Lihat dari jauh rasa sayang sayange

Ini memberikan arti ajakan atau perintah, yaitu merasakan kasih sayang orang-orang tercinta, merasakan kasih sayang orang yang jauh dengan hati. Coba deh rasakan, apakah orang yang kita cintai yang tak lama jumpa itu terasa tetap menyayangi kita yang ada disini. Pasti akan terasa rasanya jika memang masih sayang. :)

Nah? lirik selanjutnya berupa seperti pantun nasihat. Lirik tersebut adalah nasihat agar kita bisa membuat orang menyayangi kita dan merindukan kita, apa saja dan bagaimana caranya...Ikuti saja terus.

Mana kancil akan dikejar, kedalam pasar cobalah cari ..
Masih kecil rajin belajar, sudah besar senanglah diri ..


Lirik lagu diatas yang berupa pantun tersebut adalah sebuah nasihat pada kita semua bahwa belajar itu sangatlah penting, dan sangat berguna sekali. Karena dengan belajar, kita akan tahu apa yang tidak kita tahu, dan dengan belajarlah, kita bisa memulai dan membangun kesuksesan. Apabila kita sudah sukses, tentu orang yang menyayngi kita akan bertambah sayang. Benar kan ...? Dan orang lain pun akan menyayangi kita, apabila kesuksesan kita diperuntukkan dalam kebaikan masyarakat. :)

Si Amat mengaji tamat, mengaji quran diwaktu fajar ..
Biar lambat asal selamat, tak kan lari gunung di kejar ..


Arti selanjutnya dari lirik tersebut memberikan nasihat pada kita, untuk tidak terlalu tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, karena apabila sesuatu pekerjaan dilakukan dengan tergesa-gesa, maka hasilnya akan kurang bagus. Tetap pelan-pelan saja,yang terpenting kesempurnaan dari hasilnya nanti, harus sabar. :) Dan jangan khawatir, rezeki yang besar itu tidak akan lari meninggalkan kita, rezeki dapat kita kejar dengan melakukan suatu pekerjaan dengan sabar dan telaten. :)

Kalau ada sumur diladang, boleh kita menumpang mandi ..
Kalau ada umurku panjang, boleh kita berjumpa lagi ..


Nah arti dari kirik tersebut memberikan nasihat kepada kita, selama kita hidup, jangan melupakan silaturahmi, karena silatuurahmi adalah sesuatu yang dapat mempererat tali persaudaraan dan mempererat rasa sayang. Oleh karena itu, jangan sampai kita melupakan orang-orang yang telah kita kenal baik, dan orang yang baik atau pun yang jahat sama kita. Tetap berkunjunglah kerumahnya, agar kasih sayang terus ada.

Kesimpulan dari semuanya adalah, bahwa rezeki bisa didapat dengan 3 hal, yaitu dengan menuntut ilmu, bertawakal dan sabar, serta dengan bersilaturrahmi. Tidak hanya itu, melakukan ke 3 hal tersebut juga dapat meningkatkan rasa sayang kita baik kepada Tuhan, diri sendiri, orang tua, kekasih saudara dan semuanya. :)

Demikianlah arti rasa sayang sayange yang dapat penulis sampaikan. Lagu daerah penuh warna dan penuh makna, oleh sebab itu, selain melindungi lagu-lagu daerah tersebut, hendaklah kita melaksanakan arti yang terkandung didalamnya. :)

Mohon maaf atas kesalahan yang terjadi dalam penulisan, semoga dapat bermanfaat, dan ...

Salam Cinta,
Salam Dycko Novanda,

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer