Rahasia Cerpen Yang Baik

rahasia cerpen yang baik
Apa rahasia cerpen yang baik ...? Cerpen adalah sebutan dari cerita pendek, yang namanya cerita pendek pasti ceritanya tidak panjang sampai berhalaman-halaman, melainkan minimal satu lembar saja. Cerpen adalah sebuah cerita, baik cerita itu terjadi secara nyata ataupun secara fiksi.

Cerpen bisa juga disebut dengan ringkasan dari cerita yang panjang, cerita yang panjang disederhanakan sehingga jadilah cerpen. Berbeda dengan sinopsis, sinopsis adalah penggalan cerita dari keseluruhan cerita sedangkan cerpen adalah cerita yang sesuai dengan alurnya.

Cerpen yang baik adalah cerpen yang memenuhi standart kualifikasi, dan standart kualifikasi yang terpenting dari sebuah cerpen ada beberapa dibawah ini. Apa sajakah ..?

a. Alur yang teratur

Alur yang teratur dari sebuah cerita akan memperjelas cerita, pembaca akan menilai cerpen itu bagus atau tidak biasanya dilihat dari alurnya, alur yang teratur adalah alur yang sesuai dengan jalannya, tidak mbulet dan tidak njelimet sehingga ceritanya jadi enak dibaca.

b. Kandungan atau isi

Cerpen yang baik juga dapat dilihat dari kandungan atau isinya. Jika isinya bagus, maka cerpen itu akan sangat menarik. Nah? cerpen yang menarik harus memenuhi syarat dibawah ini:

- Informatif: Cerita yang berisi informasi yang bermanfaat
- Edukatif: Cerita yang memiliki isi yang mendidik
- Spiritual: Cerita yang membuat pembacanya menjadi semangat dan yakin menjalani hidup
- Empati dan simpati: Cerita yang dapat membangkitkan rasa empati dan simpati pembacanya


Nah? dengan kandungan atau isi seperti diatas, akan membuat cerpen itu baik bagi pembaca. Jika cerpen sudah baik, maka tentunya cerpen itu bisa menjadi terkenal. hehehe.

c.Cerita akhir

Nah, yang terakhir untuk menentukan bahwa cerpen itu bagus dan baik adalah dari akhir cerita, akhir cerita yang baik bukanlah akhir cerita yang membuat emosi pembaca memuncak sehingga akan terusik bila tidak ada finisher yang baik. Karena bacaan terutama dalam bentuk cerita dapat mempengaruhi emosi pembaca, maka diharapkan diakhir cerita berakhirkan kebahagiaan, haru, dan kemenangan, walaupun tak salah juga jika ada cerpen yang akhirnya membuat penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. :)

d. Memberi kesan dan pesan

Nah yang paling akhir untuk mengetahui cerpen itu baik adalah cerita dari cerpen tersebut, memberikan kesan baik yang mendalam, sehingga kesan itu dapat mempengaruhi perilaku pembaca menjadi lebih baik lagi, sehingga jika kesannya baik, maka untuk melengkapi dan mengetahui bahwa cerpen itu baik dilihat dari pesan sang pembaca. :)

Nah? demikianlah tentang Rahasia Cerpen Yang Baik yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat dan memberikan setitik ilmu pengetahuan. Amiinn. Mohon maaf apabila ada salah karena penulis adalah sang pembelajar, jadi tentu saja masih banyak kesalahan, terimakasih dan ... Nantikan cerpen yang akan datang disini. :)

Baca Artikel menarik lainnya:

- Rahasia malam pertama
- Etika berkomunikasi
- Puisi cinta tertua

Salam Cinta,
Salam Dycko Novanda,

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer