Rahasia Prasangka

prasangka
Assalamu'alaikum, keselamatan semoga tetap dianugerahkan kepada kita semua ... amiin .. Selamat datang kembali pembaca budiman, hari ini sangat menyegarkan, langit mendung tanpa disertai hujan, suasana dingin, terkantuk-kantuk tetapi harus tetap semangat. hehehe.

Pembaca sekalian, dalam sebuah kehidupan, kita sering kali tertipu dengan sesuatu. Sebenarnya kita tertipu itu karena diri kita sendiri yang menipu kita, hal-hal yang dapat menipu diri kita sendiri yang dilakukan oleh diri sendiri adalah persepsi atau prasangka. Prasangka sebenarnya menjebak diri kita sendiri dan menipu diri kita sendiri menuju jurang yang amat dalam. Mau tau rahasia prasangka? ikuti terus pembahasannya. :)

Prasangka sebenarnya ada dua hal, yaitu prasangka positif dan prasangka negatif, namun secara keseluruhan, setiap prasangka cenderung negatif. Sangat sulit sekali bagi seseorang untuk bisa berprasangka positif apa yang dilihatnya.

Kita semua tahu, prasangka terdiri atas dua kata, yakni pra dan sangka. Pra arti singkatnya adalah sebelum, dan sangka artinya adalah persepsi atau pandangan. Jika kedua kata tersebut digabung akan memberikan arti bahwa prasangka adalah pandangan atau persepsi sebelum diketahui secara pasti kebenarannya.

Prasangka adalah sangat penting sekali dalam mempengaruhi kehidupan seseorang, andaikan semua orang tahu, prasangka ibarat sebuah magnet yang mempunyai gaya tarik menarik yang sangat besar. Prasangka yang sebagai magnet ini berbeda dengan magnet pada umumnya, jika magnet pada umumnya dapat tarik menarik pada kutub yang berbeda tetapi prasangka dapat menarik hal yang sama sesuai dengan yang diprasangkakan.

PENYEBAB PRASANGKA

Prasangka tidak akan terjadi tanpa sebab, dan sebab-sebab seseorang berprasangka karena hal berikut ini.

a. Panca-indra

Panca indra adalah komponen pertama yang menentukan seseorang berprasangka. Dan indra yang paling dominan sebelum munculnya prasangka adalah mata yang berfungsi sebagai penglihatan dan pandangan dan telinga sebagai pendengar. Mata adalah indra yang luar biasa, karena hanya dengan dua mata yang bentuknya kecil bisa dapat melihat sesuatu yang besar. Begitu juga dengan telinga, sangat hebat sekali fungsinya.

b. Otak

Otak adalah memori yang kapasitasnya sangat besar sekali, namun otak juga merupakan organ yang berperan penting dalam menentukan prasangka. Ketika mata melihat dan ketika telinga mendengar, otak akan segera merekam semuanya, jika yang dilihat dan didengar adalah hal yang menyenangkan otak akan memberikan sinyal kepada organ yang lainnya, begitu juga sebaliknya.

c. Hati

Hati sebenarnya ada 2, hati berbentuk lahir dan hati berbentuk batin. Jika dilihat perbedaan hati tersebut ternyata sama-sama mempunyai peran sebagai penawar racun, jika hati tidak bisa menjadi obat penawar berarti hati itu telah teracuni.

PROSES PRASANGKA

Ketika kita mengetahui 3 komponen peyebab prasangka, tentu harus tahu bagaimana proses dari sebuah prasangka. Prasangka baik ataupun prasangka buruk mempunyai proses yang sama namun berbeda.

a. Proses prasangka baik

Ketika ada suatu hal dihadapan kita, baik kita melihat atau mendengar, apa yang kita lihat dan kita dengar akan segera diproses oleh otak, otak memperoses data-data yang valid dari hasil penglihatan dan pendengaran. Sebelum otak memberikan kesimpulan akhir, otak akan mengirimkan data-data tersebut kepada hati. Nah, jika hati menyetujui jika apa yang dilihat dan didengar adalah baik, maka otak akan menyimpulkan bahwa itu baik.

Kesimpulannya adalah, prasangka positif, baik yang dilihat atau didengar itu buruk dan baik, kesimpulan akhirnya akan baik, karena apa? karena prasangka baik hanya dimiliki oleh hati yang dipenuhi dengan cinta, dan hatinya tanpa ada noda-noda benci. :)

b. Proses prasangka buruk

Sama halnya dengan prasangka baik, prosesnya pun sama, yang membedakan adalah hatinya. Hati yang dipenuhi dengan noda-noda benci, walaupun yang dilihat atau didengar adalah sesuatu yang baik, tetap akan disimpulkan tidak baik. Nah, inilah prasangka yang bahaya sekali.

Dari sinilah dapat disimpulkan dengan dibagi menjadi beberapa kesimpulan:

- Hati adalah penentu sebuah prasangka, jika hati jernih, otomatis pikiran akan jernih. Karena hatilah yang mempunyai penglihatan dan pendengaran yang sempurna, jika hati dipenuhi noda-noda, maka penglihatan dan pendengaran hati akan kabur dan tak jelas, sehingga akan menyimpulkan apapun juga sebagai suatu keburukan.

- Setiap agama tentu melarang dengan keras prasangka buruk, karena prasangka itu dapat menimbulkan perpecahan dan permusuhan. Prasangka adalah keegoisan, yang selalu melihat orang lain buruk walaupun orang lain itu berbuat baik kepada kita.

- Prasangka adalah magnet, apabila kita selalu berprasangka baik, maka kebaikanlah yang akan menuju kepada kita, begitu juga sebaliknya, apabila kita berprasangka buruk, maka keburukanlah yang akan menghampiri kita. Tuhan selalu menasihati kita dengan firman-Nya .. "Aku menurut prasangka hamba-Ku" Ini mengartikan bahwa, apabila seseorang ditimpa bencana dahsyat sekalipun, tetapi seseorang itu tetap berprasangka baik kepada Tuhan, tentu saja Tuhan akan memberikan kebaikan yang banyak kepada seseorang tersebut.

- Prasangka buruk adalah perkataan yang paling bodoh dan yang paling berbahaya, ketika sinyal prasangka disebarkan oleh otak atas persetujuan hati, maka organ lainpun akan aktif memprasangkai juga. Orang yang selalu berprasangka, tak bahagia hidupnya. :)


Selesai sudh pembahasan tentang Rahasia Prasangka, semoga dapat memberikan pencerahan bagi semuanya, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila penulis melakukan kesalahan. Tetap semangat dan sebarkan cinta dengan memulai dari prasangka yang baik.

> PENYEBAB SEBUAH PERTENGKARAN
> SIMBOL CINTA YANG UNIK

Salam Cinta,
Salam Dycko Novanda,

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer