Ikan Cahaya Beracun

ikan cahaya beracun
Apakah anda pernah mendengar apa yang namanya ikan? ikan yang berenang di air yang mempunyai sirip serta mempunyai gelembung udara adalah binatang pisces yang sudah dikenal dipenjuru dunia. Mulai dari ikan kecil sampai ikan terbesar pun pasti anda sudah mengetahuinya, apalagi ikan terganas didunia di sungai amazon, ikan piranha, sudah tidak asing lagi bagi anda. :)

Lalu, apakah anda pernah mendengar yang namanya ikan cahaya beracun? Waww, syukurlah bagi anda yang sudah mengetahuinya, karena penulis baru tahu sekarang jika ada ikan cahaya beracun dimuka bui ini. Apa yang muncul dibenak anda ketika anda mendengar ikan ini? Pasti ada yang memikirkan adanya cahaya pada ikan dan ikan itu pasti membahayakan. :)

Yapz, benar sekali, tetapi kurang tepat. Ikan cahaya beracun bukanlah ikan alami, namun ikan buatan yang dibuat oleh ilmuwan untuk menanggulangi polusi air, baik sungai maupun laut. Ilmuwan menciptakan ikan buatan ini karena ilmuwan prihatin dengan keadaan air sungai yang semakin hari semakin tercemari, tentu saja air yang tercemar membuat rantai makanan pada populasi air akan sirna dan musnah.

Nama Lain dari ikan tersebut adalah zebrafish, ikan yang mempunyai belang dan bercahaya. Bagaimana ikan ini diciptakan? ikan cahaya beracun sesuai dengan namanya adalah ikan yang difungsikan untuk menanggulangi pencemaran sungai dan mampu mengidentifikasi zat-zat beracun pada air sungai, bukan ikan yang malah meracuni? ini akan memudahkan para peneliti bagaimana cara mencegah air agar terhindar dari pencemaran.

Sungguh, penciptaan yang baik dan bermanfaat, semoga saja bisa berkembang dan dapat dipasarkan keseluruh dunia. Karena semua menyadari, air adalah salah satu sumber kehidupan, tanpa air, makhluk hidup tidak akan mampu bertahan, oleh sebab itu sebagai bentuk rasa prihatin terhadap pencemaran air, ilmuwan dari Exeter University menciptakan sesuatu yang menurut penulis .. Waaawwww!!! Dahsyat sekali. Marilah kita sebagai bangsa Indonesia yang diberikan kekayaan air berlimpah harus benar-benar merawatnya dengan baik. Bukankah begitu, semoga bermanfaat? :)

zebrafish


Profesor Charles Tyler yang memimpin penelitian mengatakan: "Zebrafish ini memberikan kita pandangan yang lebih baik dari sebelumnya, efek potensial dari bahan kimia pada tubuh ikan ini merupakan Hal sangat menarik.."

From: bbc news


Salam Cinta
Salam Dycko Novanda

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer