Zaman Anthropocene

zaman anthropocene
Selamat Datang di Zaman Anthropocene, itulah yang pertama kali penulis dapat kan dari sebuah berita portal. Zaman Anthropocene merupakan zaman manusia, dimana manusia-lah yang menguasai, memodifikasi dan merubah dunia ini. Manusia memang cerdas, mampu menghadapi segala keterbatasan tempat yang ada dimuka bumi ini, mampu mendapatkan solusi ketika ada kekurangan, krisis dan bencana, berbagai alat canggih dan tempat-tempat yang canggih pula telah diciptakan oleh manusia. Memang seharusnya demikian, keceradasan yang dimilki oleh manusia harus digunakan tepat pada jalannya.

Bumi telah berubah, yang dahulunya hijau kini menjadi seperti perak keemasan, mengapa? karena banyaknya manusia yang secara besar-besaran menggunakan sumber daya alam ini untuk kepentingan yang tidak bermanfaat. Dibawah ini adalah contoh ulah manusia yang menyebabkan alam hampir menjadi punah, dan disertai juga sebuah solusi sederhana dari ilmuwan:

1. Komposisi atmosfer berubah

Manusia semakin lama semakin cerdas, pintar dan canggih, semua alam diteliti dan menciptakan sesuatu untuk menanggulangi alam dan menciptakan sesuatu pula untuk menjadikan alam sebagai senjata. Bumi yang diselimuti oleh atmosfir mempunyai komposisi dan kadar yang sudah ditentukan, namun kini telah diubah komposisinya oleh manusia itu sendiri, dengan tidak memperhatikan efek dari rumah kaca, efek dari asap pabrik dan asap kendaraan bermotor, karena itulah atmosfir saat ini mempunyai molekul karbon-dioksida yang lebih asam lagi karena efek-efek tersebut.

Solusinya, karena atmosfir mempengaruhi pencairan kutub es, dan jika mencair akan terjadi ketidak-seimbangan bumi, maka ilmuwan membuat iklim gletser untuk menaikkan permukaan laut dengan tujuan agar melambat laju pencairan kutub es.

2. Penebangan Pohon

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian PBB, ada 130.000 persegi pertahun, pohon yang telah ditebang. Tujuannya untuk membangun tempat dan bangunan, menjadikan lahan untuk perkotaan, sehingga hampir 75% dari permukaan tanah didunia telah dimodifikasi oleh manusia.

Solusinya adalah Membangun bangunan dengan sistem sungai rerouting yaitu membangun jalan atau kota di lebih dari setengah air tawar yang ada dipermukaan bumi ini, bukan membangun pada tempat yang banyak pohonnya atau memaksa untuk menebang pohon untuk dijadikan bangunan.

3. Pertambangan Yang Berlebihan

Pertambangan yang tidak wajar akan mengakibatkan bumi lebih cepat punah, karena setiap pertambangan dilakukan, akan terjadi secara alami pergeseran gletser empat kali lipat, dan tentu saja akan terjadi pengurangan pada tahun-tahun berikutnya.

Solusinya, menawarkan spesies invasif, suatu spesies yang dapat mendukung adanya penambahan sumber daya alam yang dikelola ribuan tahun lagi ketika spesies tersebut punah.

Nah? itu saja yang dapat penulis sampaikan, sesuai dengan poin umumnya, dimana zaman Anthropocene adalah zaman perubahan, dimana manusia harus benar-benar cerdas dapat merubah keadaan dengan yang lebih baik lagi bukan malah menghancurkan. Lestarikan alam, pergunakan sumber daya alam dengan batas wajar, dan cintai alam serta peliharalah alam untuk generasi masa depan. Terimakasih.

FRM: bbc news

Salam Cinta
Salam Dycko Novanda

Artikel Terkait

0 komentar:

Entri Populer